[Poster Tips] Simple Romance Poster

Kali ini aku mau bagi tips desain poster dari pengalamanku selama jadi fanartist hehehe… Aku tidak menguasai teknik desain secara keseluruhan. Kemampuanku juga masih terbilang standar. Tapi tidak ada salahnya kalau aku sharing sedikit tentang tips membuat poster terutama untuk pemula jadi nanti bisa belajar buat poster sendiri.

Untuk sesi kali ini aku mulai dengan simple romance poster. Genre fanfiction yang cocok untuk poster ini dominan romance & fluff, fanfiction yang konfliknya tidak terlalu kental namun tetap dengan jalan cerita yang super sweet dan diakhiri dengan happy ending. Friendship, family, dan sad romance juga cocok, namun tidak terlalu banyak unsur komedi, angst, dan persoalan yang complicated. Di bawah ini merupakan contoh desain yang paling simple.

The Quotes_Sha_melurmutiaย I'm Still in Love Kyungyoon_Vi_melurmutiaย Am I Falling in Love_DeerNaura_melurmutiaย Yoochun Yoon Eun Hye Gwaenchana 3_melurmutia

Yup simple karena di poster itu cuma ada dua gambar yang aku gabung dalam satu poster ๐Ÿ™‚ Tinggal bagaimana menyulapnya agar posternya lebih eye catchy. Berikut ini tipsnya:

1. Cari dua gambar dengan struktur warna hampir sama

Bagiku ini adalah tahap terpenting karena inti dari poster jenis ini terletak pada dua gambar itu saja. Perhatikan untuk poster pertama, Yoona dan Baekhyun. Struktur warna kedua gambar dominan putih. Mereka juga secara kebetulan menatap ke luar jendela. Penggabungan gambar akan lebih mudah dilakukan dan hasilnya akan nampak halus.

yoonaย faceshop_01_44521a

2. Hindari menggabungkan dua gambar dengan struktur warna kontras

Hal tersebut tidak terlalu cocok untuk teknik poster ini, terutama untuk gambar dengan latar putih dan gelap. Apabila dua gambar dengan warna kontras digabung, hasil blending akan nampak tidak natural walaupun menggunakan coloring atau desaturation untuk penyetaraan warna. Apabila memang tidak ada gambar lain, gambar dengan warna yang lebih gelap lebih baik dikurangi opacity-nya hingga 80% atau dibuat agak lebih terang (CTRL+M). Bisa juga kedua gambar dikecilkan atau bisa dicrop lalu digabung tanpa perlu diblending/erase.

yoonaย _DSC2901a

3. Disarankan menggunakan gambar official

Gambar official lebih bagus digunakan karena terkadang memiliki scene, gaya, dan feel tersendiri sehingga apabila dimasukkan ke dalam poster, maka desain nampak lebih hidup. Seperti halnya untuk gambar Baekhyun (The Face Shop) dan Yoona (Innisfree) di atas. Kedua gambar tersebut memiliki setting yang cocok untuk poster. Bisa juga dari foto official fansite yang diedarkan, magazine, cf, dan photoshoot lainnya. Hindari menggunakan gambar editan, selca, preview pic, sasaeng, dan foto sejenis itu karena tidak sesuai.

baekseย 800_baekhyuns-happy-selca-at-hong-jin-kyung-radio

4. Bermain dengan gambar close up

Perhatikan keempat poster di bawah ini:

Lucky_Kim Sooki_melurmutiaย First Meeting_andinarima_melurmutiaย Treacherous_Hyesun_melurmutiaย Rain_Song Minhyo_melurmutia

Untuk simple fluff romance poster, gambar close up tidak harus selalu diedit menggunakan tools photoshop ataupun dierase. Keempat desain di atas hanya menggabungkan beberapa gambar yang didrag lalu diperkecil (CTRL+T) tanpa menggunakan tools. Tipsnya, jangan lupa bahwa gambar close up yang dimasukkan harus punya “feel & story” karena intinya yang mempercantik poster tipe seperti ini adalah kekuatan gambar karakternya =_= Jadi dari kita sendiri bagaimana memilih gambar karakter yang sesuai biar kesan ceritanya tetap kena.

5. Pakai warna yang lembut

Untuk tahap ini tergantung preferensi artworker yang bersangkutan karena untuk pewarnaan selera setiap orang berbeda-beda. Untuk poster jenis ini aku biasanya pakai warna lembut yang membuat poster nampak lebih terang, fresh, dan warnanya tegas, seperti soft baby brown, white, atau pink. Tidak disarankan menggunakan dark color, vintage, retro, toast, atau menyamakan warna secara keseluruhan karena kesan fluff-nya akan pudar. Tapi, tergantung dari artworknya. Kalau memang pake yang dark lebih cocok tidak apa-apa ๐Ÿ˜‰

6. Gunakan font klasik untuk judul fanfiction

Untuk tipe poster ini aku lebih suka pakai font klasik, bahkan Times New Roman pun sering hehe… Kadang juga font-nya aku setel ‘italic’. Font yang aku paling suka pake itu MingliU-ExtB, Felix Titling, Dali, kalau yang tulisan sambung pakai Celine Dion Handwriting. Tapi, ini juga versiku sih. Mungkin bisa pakai font lain dan dibuat sekreatif mungkin, berhubung aku tidak terlalu bisa desain judul ;_;

HOMEWORK

Aku kasih bahan latihan ya ๐Ÿ˜€ Kalau mau, setelah didesain posternya diupload dan link poster-nya kasih ke aku biar kita bisa lihat hasilnya. Kalau tidak berminat, tidak apa-apa kok hehe aku tidak memaksa. Yang penting ada dipakai latihan ๐Ÿ˜‰ Silahkan berkreasi sendiri ^^ Terserah dari kalian gimana bagusnya.

Judul : Feel The Breeze

Author : [write your name]

Casts : Baekhyun & Chanyeol

baekhyun1 (1)ย chanyeol1

Genre : Fluff, Piece of Moment

Quote : Take a deep breath… Let the breeze blows

Summary : Baekhyun dan Chanyeol kembali ke tempat dimana mereka sering bermain semasa kecil

Demikianlah… hehe maaf kalau ada kesalahan. Kita bisa saling sharing ๐Ÿ™‚ Semoga bermanfaat bagi readers sekalian. Kalau ada yang tidak jelas boleh ditanyakan. FIGHTING \:D/ FIGHTING

Categories: Baekhyun, Chanyeol, Chen, D.O, EXO Experience, Kai, Kris, Lay, Luhan, Sehun, Suho, Tao, Xiumin | Tags: , , | 156 Comments

Post navigation

156 thoughts on “[Poster Tips] Simple Romance Poster

Comment navigation

  1. haiii kak^^ fines imnida. aku visitor baru^^ aku sering banget liat kakak di CPA tapi baru sempet mampir TT terus aku iseng2 kerjain homework :3 [http://geuraeyo.files.wordpress.com/2014/05/req-feelthebreeze.jpg] minta kritik dan sarannya ya kakkkkk;—; soalnya hasil editanku sering banget gak stabil. hehe gomawo.

    • Yellowww Fines salam kenal
      Visitor baru ya semoga senang berkunjung ke wp-ku hehhe
      Thank you so much udah kerja PR
      Jadi kangen aktif di CPA lagi soalnya PS-ku lagi crack gak tau kenapa
      Ini udah kedua kalinya dan masih diperbaiki huhuuu
      Posternya udah bagus kok kamu buat chanbaek-nya jadi agak close up
      Penempatan casts juga udah sesuai
      Kalo dari aku, bagian ujung kiri bawah poster bisa kamu tumpukin dikit pake gambar dedaunan dari gambar aslinya Chanyeol atau Baekhyun
      Biar ada kesan scenery di bagian bawah jadinya gak terlalu polos
      Ukuran judul dan quotenya bisa agak dikecilkan
      Tapi itu cuma saran aja sih hehhe
      Fighting! Gomawoyo udah luangin waktu kerja PR >w<

      • iya sama-samaaa hehe<33 wp eonni rapi banget ouo kagum deh~ yahhh semoga cepet sembuh yaaa ps nya/? #plak
        ohhhhh okaaayyy, gomawo atas sarannya ๐Ÿ˜€ hehe

    • Hellow YSW makasih banget udah kerja PR ^^
      Eonni suka lho simple poster buatan kamu
      Proporsi gambar Chanbaek-nya imbang
      Kalo sarannya mungkin gambar kotak biru untuk judul itu dijadikan warna hijau muda atau coklat
      Bisa pakai pick color supaya sama dengan warna posternya
      Opacity kotaknya agak dikurangi mungkin sekitaran 40-50%
      Terus kata Seulie presents bisa disejajarkan aja sama judulnya
      Kalimat let the breeze blows kalau mau bisa dipindahkan ke gambarnya Chanyeol biar imbang sama Baekhyun ๐Ÿ˜‰
      Fighting dear! Terima kasih bgt udah kerja PR

      • YSW

        Ne eonnie, gomawoseo atas sarannya^^
        Nnti bikin PR lgi ya, aku mw ngerjain #plakplakplak ๐Ÿ˜€ *kaboooorrrr
        Dikirim melalui BlackBerryยฎ dari 3 โ€“ Jaringan GSM-Mu

  2. Halo kak aku visitor baru. Dora imnida^^ tp bukan doraemon loh kekekeke
    Aku udah tau kakak dari dulu cuman baru sekarang nemu blog pribadinya kakak^^ Demi apa aku suka banget sama karya karya kakak. Selalu pas dimataku *lebay Aku nggak tau banyak artworker, tapi diantara yang aku tahu karya kakak yang paling aku suka :3
    Oiya, aku udah baca tipsnya. Dan makasi banget itu ngebantu sekali bwt aku yang masih baru bljr. Aku belum sempet ngerjain Prnya kak. Padahal aku udah niat nyoba dr jaman dodol tp belum kesapean juga hehehe *bow
    Tapi aku mau tanya dulu ni kak, kalo biasanya buat poster itu yg bagus pake resolusi brp sih kak? Biar gambarnya keliatan terang dan jelas. Mohon bantuannya ya kak^^ Soalnya aku kadang kalo buat gambarnya agak burem padhal fotonya udh HQ=_=

    • Hai Dora welcome to my wp
      Semoga seneng berkunjung ke sini ^^
      Makasih bgt pujiannya, aku juga masih harus banyak belajar nih heheh
      Kalau soal resolusi sih tergantung artworkernya
      Kalo memang posternya mau diprint bagusnya pake resolusi besar
      Jangan lupa gambar yang dipake juga jangan gambar blur atau scan
      Tapi kalo poster yang aku bikin rata2 pake ukuran 550×700, 700×550, atau 700×700
      Itu juga bukan ukuran pas soalnya kadang kalau terlalu banyak space posternya suka aku crop
      Jadi disesuaikan aja

  3. you grow a lot. aku terharu :’)
    *jkakakakaa
    ~kabooorr

  4. Hi kak, Lynn imnida. Lagi blogwalking ketemu wp ini, aku nyoba kerjain prnya, menurut kakak gimana? ๐Ÿ˜€ http://aoshimaterritory.files.wordpress.com/2014/05/poster_6.jpg

    • Hai Lynn
      Makasih bgt udah berkunjung dan buat PR
      Speechless lho liat posternya, ini aku suka bgt
      Udah pas, aku nggak bisa komentar banyak
      Cuma logo puppy store-nya mungkin bisa dihilangin kalo mau sih
      Itu nggak apa-apa kok
      Sekali lagi thank you bgt udah kerja PR

  5. Reblogged this on Classic Dreams.

  6. JKey

    Infonya bermanfaat banget buat pemula kaya aku ^^
    gomawo, posternya keren-keren banget. Daebak pokoknya ^^

  7. Kak lulu aku datang lagi’-‘)/ Kali ini bukan karna udah ngerjain PR tapi aku pingin nnya lagi hehe
    Kakak tau nggak nyari credit movie yang tulisannya hangul dimana (?) maksutku yang kyk diposter drama drama korea gitu. Aku liat banyak artworker yang pake itu. Aku udh coba nyari dan nggak nemu. Aku nggak tau musti nnya kesiapa jadi aku kirim pesan SOS kesini deh *plak *ngomong apasih Emang sih aku belum pernah liat kakak pake credit kek gitu, cuman aku coba aja siapa tau aja kakak tau hehehe ๐Ÿ˜€
    Semoga kakak nggak bosen bantuin aku si pemula ini ya? Dan semoga nggak ngerepotin ya kak ๐Ÿ™‚
    Makasi sebelumnya.

  8. elisalysa

    haii kak lulu ._./
    aku coba ngerjain Homework ya ^^
    mohon sarannya
    http://artfantasy1st.wordpress.com/2014/06/09/profile_elisalysa/feel-the-breze/

Comment navigation

Leave a Reply

